5 Jenis Tanaman Buah Hidroponik

Buah Hidroponik saat ini dapat kita temukan dengan mudah. Hidroponik sendiri termasuk metode atau teknik budidaya tanaman yang caranya tanpa menggunakan media tanah.

Hal tersebut bertujuan supaya dapat menekan pemenuhan untuk kebutuhan nutrisi dan mineral pada tanaman. Dengan begitu, tanaman dapat tumbuh lebih maksimal lagi. Teknik hidroponik sendiri tidak hanya bisa digunakan pada sayuran saja, tapi juga pada buah-buahan.


Buah-buahan yang dihasilkan juga tidak kalah bergizi dan sehat dari tanaman yang ditanam menggunakan cara biasa. Buah yang ditanam dengan cara hidroponik juga memiliki keunggulan sama dengan yang lainnya. Hasilnya juga lebih maksimal dibandingkan tanaman yang ditanam dengan teknik biasanya.

5 Jenis Tanaman Buah Hidroponik

Buah Strawberry
Strawberry termasuk buah yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Tanaman ini juga biasa tumbuh di daerah dengan dataran yang cukup tinggi. Tapi ternyata tanaman strawberry juga bisa ditanam menggunakan teknik hidroponik dan hasil buahnya lebih banyak.
Karena menggunakan teknik hidroponiik ini, maka tanaman dapat menyerap nutrisi lebih banyak. Dengan begitu perkembangan dan pertumbuhan dari buah strawberry menjadi lebih maksimal.

Buah Anggur
Anggur termasuk tanaman perdu dan biasanya tumbuh di daerah yang memiliki intensitas hujan cukup tinggi. Sama seperti buah strawberry, ternyata buah anggur juga bisa ditanam dengan hidroponik atau menggunakan media tanam selain tanah. Oleh karena itu, anggur termasuk buah hidroponik.
Tapi untuk menghasilkan anggur yang maksimal, daerah tanam harus memiliki suhu kering antara 25°-31°. Kelembaban udaranya juga harus diantara 40% sampai 60%. Sedangkan untuk intensitas mataharinya, paling tidak memenuhi sepanjang hari.
Selain itu, tanaman anggur juga bisa tumbuh di darah yang ketinggiannya mencapai 1800mdpl. Setiap ketinggian juga akan mempengaruhi hasil anggur dan biasanya panen terjadi di hari ke 90 sampai 100 hari sejak pembungaan.

Buah Melon
Melon merupakan buah hijau yang memiliki rasa manis, renyah dan segar. Mulai ada di Indonesia tahun 80-an hanya dinikmati oleh masyarakat dari kelas atas dan sebagai buah impor.
Tapi karena di Indonesia memiliki batas impor, maka banyak pengusaha yang mulai menanam tanaman melon sendiri. Salah satunya dengan teknik hidroponik dan termasuk buah hidroponik yang sudah sangat terkenal dan banyak dipakai.
Saat ini, tidak hanya masyarakat dari kelas atas saja yang bisa mengkonsumsi buah melon. Tapi juga masyarakat kebanyakan Akan sangat suka dengan buah melon.

Buah Naga
Buah naga termasuk salah satu tanaman yang menggunakan teknik hidroponik. Buah naga juga sering naik turun dan meskipun baru saja dikenal masyarakat buah ini sangat bagus.
Apalagi di Indonesia iklimnya sangat cocok untuk budidaya tanaman buah naga. Para petani tidak mengalami kesulitan, terutama adanya teknik hidroponik.
Sampai sekarang permintaan sudah mengalami peningkatan. Jadi tidak heran, harganya juga cukup tinggi. Karena persediaannya juga masih jauh dari banyaknya permintaan dari masyarakat.

Buah Nanas
Nanas merupakan buah yang memiliki kulit berduri. Berbuah manis dan rasanya sangat segar. Tanaman buah nanas juga tidak dari Indonesia, tapi asalnya dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah.
Dibawa masuk ke Indonesia dan cocok untuk dibudidayakan. Nanas juga bukan termasuk tanaman musiman. Bisa dibudidayakan sepanjang tahun dengan teknik hidroponik dan disebut buah hidroponik. Bisa dimakan langsung atau dijadikan sebagai bahan dasar olahan makanan. Seperti dodol, sirup sampai selai nanas yang banyak disukai.

1 Response to " 5 Jenis Tanaman Buah Hidroponik"

  1. wah buah juga bisa ditanam dengan sistem hidroponik ya gan
    jadi mau nanam anggur dirumah

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel