Ini Dia Tips Memotret dengan Smartphone Ala Fotografer Profesional


 tips memotret dengan smartphone

Bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil foto maksimal meski hanya dengan kamera smartphone saja, Anda perlu melihat beberapa tips memotret dengan smartphone yang akan kita bahas disini. Bukan rahasia lagi jika saat ini kamera smartphone memiliki kualitas jepretan yang tidak kalah bagus jika dibandingkan dengan kamera DSLR. Menariknya, smartphone juga lebih praktis karena bisa langsung terhubung dengan internet.

Memotret dengan Smartphone Ala Fotografer Profesional
Meskipun dengan smartphone dan spesifikasi yang sama, bisa jadi hasil foto yang Anda hasilkan tidak sama dengan orang lain. Di tangan yang tepat, kamera smartphone yang Anda miliki bisa menangkap gambar yang sama indahnya dengan hasil jepretan kamera DSLR. Ingin tahu seperti apa trik yang banyak dilakukan oleh fotografer profesional saat membidik menggunakan kamera smartphone? Simak tipsnya berikut ini.

Kenali Kamera Smartphone yang Anda Gunakan
Tips memotret dengan smartphone yang pertama adalah untuk mengetahui kamera seperti apa yang smartphone Anda miliki. Saat ini smartphone yang bukan flagship sekalipun sudah dibekali dengan kamera yang cukup mumpuni. Yang perlu Anda lakukan disini adalah untuk mengenali seluk beluk dari kamera yang terpasang pada smartphone Anda tersebut. Cari tahu mengenai resolusi, shooting mode, brightness dan fitur lain yang ada.

Kenali Trik-trik Fotografi Masa Kini
Ada beberapa trik fotografi yang bisa Anda terapkan saat menggunakan kamera baik itu kamera smartphone maupun DSLR. Salah satunya adalah untuk menghindari fitur zoom saat Anda bisa mendapatkan objek foto dari jarak dekat. Fitur zoom ini bisa jadi mengurangi kualitas gambar yang dihasilkan. Jadi, cobalah untuk mendepatkan kamera Anda ke objek dan penuhi viewfinder dengan objek tersebut.

1.      Ingat komposisi Rule of Thirds
Salah satu tips memotret dengan smartphone yang perlu Anda coba adalah komposisi Rule of Thirds untuk menghasilkan foto yang natural. Ide utama dari komposisi ini adalah dengan memecah frame menjadi tiga bagian baik secara vertikal maupun horizontal. Dalam komposisi ini, Anda tidak harus menepatkan objek di tengah frame seperti yang banyak orang lakukan, melainkan di titik sepertiga dari frame tersebut.

2.      Temukan pencahayaan yang baik
Memanfaatkan pencahayaan yang natural menjadi salah satu poin penting dalam tips memotret dengan smartphone maupun kamera DSLR. Pencahayaan yang natural dapat menghasilkan warna foto yang lebih bagus ketimbang foto yang dihasilkan dari fitur flash kamera. Jika kebetulan Anda berada di dalam ruangan dengan pencahayaan yang minim, Anda bisa mencari cahaya buatan yang bisa merefleksikan hasil foto Anda.

3.      Berikan sentuhan aplikasi olah foto
Dan yang tak kalah populer saat ini dalam dunia fotografi terutama untuk smartphone adalah penggunaan aplikasi olah foto. saat ini telah banyak tersedia aplikasi olah foto yang bisa membuat hasil foto kamera Anda terlihat semakin profesional. Anda bisa menambahkan filter, merubah level contrast maupun brightness hingga meningkatkan warna pada foto yang sudah Anda ambil.

Jaga Lensa Tetap Bersih dan Jernih
Terakhir, yang tak kalah penting adalah untuk selalu menjaga lensa tetap bersih dan jernih sebelum mengambil foto dengan smartphone kesayangan. Jika Anda merasa hasil foto Anda berembun atau berbayang, bisa jadi lensa kamera smartphone Anda berdebu atau tertempel kotoran. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan keadaan lensa Anda selalu bersih. Itulah beberapa tips memotret dengan smartphone

0 Response to "Ini Dia Tips Memotret dengan Smartphone Ala Fotografer Profesional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel