Panduan Memilih Komputer Yang Tepat



Assalamu'alaikum Wr.Wb
Halo sobat dimana pun kalian berada, semoga senantiasa diberi kesehatan dan waktu luang.
Sebagaimana kita ketahui, ada banyak produk PC atau laptop yang beredar dipasar Indonesia saat ini. Mulai dari produk local, hingga produk mancanegara. Namun sering sekali seseorang merasa dibingungkan ketika harus membeli PC atau pun laptop baru yang baru.

Sebagian dari mereka khawatir, kalau – kalau barang yang mereka beli ternyata tidak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kita ingin sharing berbagi tips mengenai cara memilih komputer agar pembelian yang kita lakukan tidak menjadi sia –sia ataupun mubadzir. Dan langsung saja, tidak perlu terlalu panjang lebar, simak ulasan kita dibawah ini.



Panduan Memilih Komputer Yang Tepat

v  Untuk Keperluan Apa Komputer Yang Akan Dibeli?

Poin nomor satu ini sangat penting diperhatkan. Anda harus penuh kesadaran saat membeli komputer, sebab barang ini bukan barang murah seperti kacang goring. Tanya diri anda, untuk apa anda membeli komputer? Untuk kerjakah? Untuk kuliah kah? Untuk anak sekolah kah? Untuk bermain game kah? Untuk mendesainkah? Untuk Bahasa pemprograman kah? Dan masih banyak lagi. Setelah anda mengetahui alasan terbesar anda membeli komputer atau laptop, perhatikan juga, apakah komputer tersebut akan anda gunakan sendiri atau bersama saudara dan keluarga yang lain. Setelah semua pertanyaan itu terjawab, silahkan ikuti langkah berikutnya.

v  Seperti Apa Dapur Pacu Yang Anda Inginkan?

Didalam perangkat komputer ada yang namanya CPU, dimana CPU ini bertugas untuk mengolah semua perintah dari hardware dan menampilkan hasil olahannya dilayar monitor kita. Jika diibaratkan anggota tubuh, CPU ini merupakan otak bagi perangkat komputer, dan CPU biasa juga disebut dengan prosesor.

Saat anda pergi kesebuah toko untuk membeli sebuah perangkat komputer, biasanya para penjaga akan bertanya kepada anda, komputer seperti apa yang anda cari, mau RAM yang berapa GB, ingin kartu grafis yang terhubung atau tidak, Mau yang hard disk berapa Tera, dan banyak pertanyaan lainnya. Namun satu hal yang paling utama dan harus anda ingat, Perhatikan Prosesor apa yang anda pilih. Tanyakan kepada pihak seller, mengenai prosesor apa yang sebaiknya anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Jelaskan dengan baik bahwa komputer yang anda beli akan anda gunakan untuk apa.

Memperhatikan prosesor saat membeli komputer adalah poin paling utama yang harus diperhatikan. Karena tidak sedikit dan sudah menjadi kebiasaan umum, seorang yang menggunakan komputer pasti akan menjalankan banyak program didalam komputer yang ia gunakan. Seperti, membuka email, sambil menjalankan music player. Atau online di youtube sambil mengerjakan tugas kuliah, dan masih banyak lagi. Dan tentunya, semakin tinggi aktivitas dari sebuah komputer, maka dibutuhkan prosesor yang semakin cerdas pula. Oleh karena itu, perhatikan prosesor yang akan anda pilih.

v  Kartu grafis, yang terhubung atau tidak?

Memperhatikan kartu grafis yang terintegrasi didalam komputer juga termasuk hal penting saat membeli komputer. Kartu grafis akan menentukan sejauh mana tingkat atraktif gambar yang dihasilkan pada komputer anda. Dan fungsi kartu grafis ini akan sangat terlihat saat anda menjalankan video player, video games, program desain, editing video, dan masih banyak lagi.

Sering terjadi kesalahan saat seseorang membeli komputer, dimana ia memilih untuk membeli komputer dengan kartu grafis yang terpisah (harga yang mahal), lalu digandengkan dengan unit prosesor yang berlevel rendah/low end. Hal ini dianggap sebagai kesalahan karena efek dari kombinasi kartu grafis mahal dengan prosesor level rendah tidak akan menghasilkan visual gambar yang kontras.

Sebelumnya perlu diketahui, jika hanya sekedar untuk memutar film blu ray, menonton video online, atau sekedar berselancar di website multimedia, seperti youtube. Kita tidak membutuhkan perangkat komputer yang menggunakan kartu grafis terpisah yang notabene mempunyai harga yang mahal. Dan satu hal yang perlu diperhatikan adalah ketika anda memiliki uang lebih untuk membeli perangkat komputer dengan kartu grafis terpisah yang dikombinasikan dengan unit prosesor low end, alangkah baiknya jika anda memilih untuk membeli perangkat komputer dengan level prosesor yang lebih tinggi meski harga yang sedikit mahal. Hal ini dikarenakan, penggabungan komputer dengan kartu grafis terpisah dengan prosesor low end tidak akan memberikan hasil visual yang maksimal.

v  Komputer Seperti Apa Yang Harus Kita Beli?

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, membeli komputer bukanlah membeli sekantong kacang goring, membeli komputer harus dengan penuh pertimbangan agar tidak sia – sia atau mubadzir. Dari penjelasan diatas, seharusnya anda sudah memiliki gambaran kira – kira komputer seperti apa yang akan anda beli. Namun, jika anda masih bingung lihat kesimpulan kita dibawah ini.

a.       Belilah komputer sesuai fungsional, maksudnya anda tahu, komputer ini untuk pribadi atau umum. Sehingga anda bisa mempertimbangkan ketahanannya.
b.      Sampaikan keinginan anda pada seller, bahwa komputer akan digunakan untuk apa.
c.       Utamakan prosesor dengan level tinggi jika punya banyak uang
d.      Membeli komputer dengan kartu grafis terpisah hanyalah membuang uang, jika dikombinasikan dengan prosesor low end.
e.      Dan yang terakhir, perhatikan kantong anda. Jangan sampai anda tergoda kompi mahal namun kantong anda pas-pasan. Hehe..

Okelah, itu saja pembahasan kita mengenai panduan memilih komputer yang tepat. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Panduan Memilih Komputer Yang Tepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel