Smartphone Anda Mulai Lelet? Begini Cara Meningkatkan Performa Smartphone


Smartphone Anda Mulai Lelet? Begini Cara Meningkatkan Performa Smartphone

Anda sedang mencari cara meningkatkan performa smartphone yang semakin loyo? Artinya Anda sudah berada di tempat yang tepat. Bukan suatu hal yang tidak mungkin jika kecepatan smartphone Anda berubah setelah penggunaan yang cukup lama. Namun, Anda tidak perlu panik karena hal tersebut tidak selalu menandakan smartphone Anda rusak. Nyatanya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan performanya kembali.

Cara Ampuh Meningkatkan Performa Smartphone yang Mulai Loyo

Kabar baiknya adalah Anda mempunyai beberapa alternatif cara untuk meningkatkan performa smartphone Anda agar sebugar saat masih baru. Custom ROM menjadi salah satu cara yang banyak dilakukan terutama jika sistem bawaan terasa sangat berat pada smartphone. Namun, proses custom ROM ini umumnya akan menghilangkan garansi dari smartphone Anda. Sebagai alternatif, berikut ini beberapa cara meningkatkan performa smartphone tanpa custom ROM.

Memasang Aplikasi Versi Ringan atau Lite
Upgrade perangkat keras pada smartphone dianggap ampuh untuk meningkatkan performa smartphone yang mulai loyo. Akan tetapi, mustahil bagi semua orang untuk melakukan hal tersebut. Saat performa smartphone semakin menurun, akan lebih bijak jika Anda memilih aplikasi yang lebih ramah dengan smartphone Anda tersebut. Untungnya, saat ini sudah banyak tersedia aplikasi dalam versi lite atau ringan seperti Facebook Lite dan sebagainya.

Menghentikan Proses Aplikasi di Belakang Layar
Cara meningkatkan performa smartphone selanjutnya adalah dengan menghentikan proses aplikasi di belakang layar. Meskipun saat ini perangkat smartphone kebanyakan dibekali dengan dengan kemampuan multitasking yang baik, bukan berarti smartphone Anda tidak memiliki batasan. Anda perlu memperhatikan aplikasi mana yang sebaiknya berjalan di belakang layar dan tidak. Anda bisa mempertimbangkan menghentikan aplikasi yang meminta akses untuk berjalan di belakang layar.
Salah satu cara yang efektif untuk menghentikan proses aplikasi yang berjalan di belakang layar adalah dengan memasang aplikasi task killer. Aplikasi semacam ini memiliki kemampuan untuk mematikan semua aplikasi yang sedang berjalan di belakang layar. Cara meningkatkan performa smartphone yang satu ini bisa didukung dengan beberapa aplikasi seperti Task Manager, Go Cleaner & Task Manager, dan Super Task Killer.

Memindahkan Data ke Memori Eksternal
Meskipun saat ini perangkat smartphone banyak yang sudah dibekali dengan kapasitas memori internal yang cukup besar, ada baiknya untuk tetap mempertimbangkan penggunaan memori eskternal. Hal tersebut dikarenakan memori internal umumnya tidak dapat bekerja maksimal jika memikul beban yang terlalu banyak. Oleh karena itu, disarankan untuk memindahkan data-data besar seperti video dan foto ke memori eskternal.

Copot Aplikasi dan Kurangi Widget di Home Screen
Cara meningkatkan performa smartphone yang selanjutnya adalah dengan mencopot aplikasi yang tidak dipakai atau tidak penting. Misalnya aplikasi Opera Mini. Jika Anda lebih nyaman menggunakan Chrome, ada baiknya untuk mencopot pemasangan Opera Mini, atau sebaliknya. Selain itu, ada baiknya juga untuk menonaktifkan aplikasi bawaan yang tidak pernah Anda gunakan. Anda bisa melakukannya di menu Settings – App.

Gunakan Launcher yang Sederhana
Terakhir, untuk meningkatkan performa smartphone, Anda sebaiknya menggunakan launcher yang sederhana. Launcher bawaan dari pabrik umumnya dirancang untuk memberikan performa yang paling baik untuk perangkat. Apabila kebetulan Anda tidak suka dengan desain launcher bawaan yang monoton, Anda bisa mencoba mencari launcher dari pihak ketiga yang tidak membebani perangkat. Demikianlah sejumlah cara meningkatkan performa smartphone secara ampuh.

0 Response to "Smartphone Anda Mulai Lelet? Begini Cara Meningkatkan Performa Smartphone"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel