Cara Menanam Hidroponik Dengan Sistem NFT dan Wick Sistem

Hidroponik menjadi cara menanam tanaman yang sedang hangat dibicarakan oleh para pembudidauya ataupun para penghobi tanaman. Cara ini menjadi sangat digemari karena untuk menanam tumbuhan tidak lagi memerlukan tanah dan lahan yang luas.. Dengan memakai teknik menanam secara hidroponik, maka kita tidak lagi dipusingkan akan menanam di mana. Kita juga bisa menggunakan barang barang bekas sebagai tempat media tanamnya dan menggantungkannya di tembok.
Salah satu keunggulan menanam memakai cara hidroponik, adalah hasil panen akan lebih cepat dan tidak bergantung musi, kita dapat menanamnya kapanpun dan dimanapun. Tetapi kita  juga harus memperhatikan beberapa aspek lain yaitu; kita harus memperhatikan ketepatan dalam pemberian nutrisi, intensitas cahaya matahari, dan juga suhu di sekitar tanaman tumbuh.
Bagi Anda yang  baru mengenal hidroponik, hal yang mesti Anda perhatikan adalah pemberian air nutrisi yang benar-benar tepat dan dapat terserap dengan sempurna. Hal ini karena dengan memakai cara hidroponik, maka nutrisi yang didapatkan tanaman hanya melalui air nutrisi itu saja, jadi jangan sampai tanaman kekurangan atau kehabisan air nutrisi.
Nah bagi sobat yang pemula dan masih bingung dengan cara bertanam hidroponik, yuk langsung saja simak di bawah ini.
Cara menanam hidroponik
Ada beberapa cara untuk melakukan bertanam hidroponik diantaranya adalah menggunakan system NFT, DFT, Wick Sistem, Rakit Apung, Aquaponik dan masih banyak lagi.
Dan untuk bahasan kali ini kita hanya akan membahas tentang cara menanam hidroponik menggunakan system NFT dan Wick Sistem saja untuk yang lainnya akan kita bahas dalam artikel berikutnya
1. Hidroponik Menggunakan Sistem NFT (Nutrient Film Technique)
Cara ini merupakan salah satu cara paling populer dan banyak digunakan oleh para pembudidaya atau penghobi tanaman dalam mengaplikasikan cara menanam hidroponik.
Berikut adalah tahapan cara menanamnya :
1.    Siapkan beberapa pipa atau talang air, dan pompa.
2.    Kemudian lubangi pipa sesuai dengan panjangnya. Usahakan  jarak satu lubang dan lubang yang lain sama sesuai dengan tanaman yan akan ditanam.
3.    Lalu susun pipa atau talang yang sudah dipersiapkan tadi untuk menjadi tempat menanam tanaman.
4.    Siapkan penampung pada ujung pipa yang lebih rendah.
5.    Pasang pompa untuk mengalirkan air nutrisi agar alirannya maksimal
6.    Cara satu ini memiliki konsep dasar menanam akar tanamannya tumbuh pada bagian lapisan nutrisi yang tidak dalam dan menjaga sirkulasinya agar tanaman tetap mendapat nutrisi, oksigen, dan air secara baik dan tercukupi.
Sistem Hidroponik NFT
Sistem Hidroponik NFT

Apabila cara diatas kurang bisa dipahami, maka dapat dilakukan salah satu dari 2 metode metode berikiut ini:
 Siapkan alat dan bahan-bahannya.
  • Sediakan 6 buah talang air  dengan panjang satu meter.
  • Stereofoam dengan ukuran 1 meter sedikitnya 6 buah.

Kemudian buatlah lubang pada stereofoam sebagai tempat netpotnya sebanyak 5 lubang, dengan diameter 6 cm atau sesuaikan dengan besarnya netpot yang akan digunakan. Lalu tempelkan gabus itu pada talang air yang telah dipasangi pipa di kedua ujung talang.
Dengan menggunakan cara ini kita dapat menyusun secara vertical maupun horizontal tergantung kreatifitas kita. Metode ini  tergolong mudah karena kita hanya tinggal meletakkan bibit tanaman dan media tanam rockwoll saja.
2. Hidroponik Menggunakan Sistem WICK (Sistem Sumbu)
Cara hidroponikyang satu ini juga tidak kalah terkenal dengan cara NFT. Cara ini disukai karena pembuatannya yang mudah dan bahan bahannya mudah didapatkan, cara ini juga yang paling ekonomis kita dapat menggunakan bahan bahannya dari barang bekas.
Untuk membuat hidroponik dengan system wick kita hanya perlu menyiapkan :
1.    Botol air mineral 1 ( sebagai tempat media tanam)
2.    Sekam Bakar, Coopead, Rockwol pilih salah satu sebagai media tanamnya
3.    Alat pemotong bisa pakai gunting ataupun cutter
4.    Kain flannel sebagai sumbunya
5.    Solder
6.    AB MIX untuk nutrisinya
Sistem Hidroponik Sumbu ( Wick System)
Sistem Hidroponik Sumbu ( Wick System)

Cara membuat :
1.    Pertama potong botol bekas air mineral menjadi 2 bagian.
2.    Kemudian lubangi tutup botol menggunakan solder.
3.    Gabungkan ke dua bagian botol yang telah dipotong tadi. Caranya adalah dengan membalik bagian yang ada tutupnya menghadap ke bawah.
4.    Pasang  kain flanel pada lubang di tutup botol, pastikan kain bisa menyerap air nutrisi caranya  basahi dulu kain flannel tersbut menggunakan air.
5.    Tanam bibit tanaman pada bagian atas botol dengan media tanam secukupnya.
6.    Isi bagian botol bawah dengan air nutrisi
Dengan memakai ke dua cara diatas kita dapat menanam sayuran,  kita bisa menghemat tempat dan waktu untuk perawatan.

Semoga bermanfaat

0 Response to "Cara Menanam Hidroponik Dengan Sistem NFT dan Wick Sistem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel