Jenis Jenis Pupuk Untuk Tanaman Cabai Yang Sering Di Gunakan Petani Cabai








Didalam budidaya tanaman cabai, hal  yang sangat perlu diperhatikan supaya dapat mencapai hasil yang maksimal dari tanaman adalah bagaimana proses dalam perawatan tanaman itu sendiri,  mulai dari  pembibitan, pertumbuhan hingga akhirnya pada masa berbuah, sehingga didapatkan  hasil panen yang , sehat dan kuat tahan terhadap penyakit,  dan yang paling penting adalah tanaman cabai tersebut bisa berbuah lebat.

Karena dengan perawatan yang baik dan benar pada tanaman cabai  akan bedampak  pada peningkatan produktivitas hasil panen, yaitu, buah cabai yang sehat dan berbuah besar, cabai yang tidak be penyakit, dan kualitas buah yang bagus.

Nah dari beberapa proses perawatan tanaman cabai ini salah satunya adalah tahap pemupukan. Pada tahap ini memilih jenis pupuk  akan sangat penting, karena jika pupuk yang digunakan pada tanaman cabai kurang tepat, maka hal itu bisa menyebakan tanaman cabai gagal panen dan tentu saja akan menimbulkan kerugian bagi kita.

Untk itulah perlunya pengetahuan jenis pupuk apa yang cocok digunakan pada tanaman cabai kita, bagaimana untuk menumbuhkan tanaman cabe yang tepat, dan juga Anda harus tahu berapa banyak pupuk yang diperlukan untuk tanaman cabai kita.

Untuk lebih detail tentang jenis pupuk apa saja yang dapat digunakan dalam tanaman cabai anda, maka kami akan mengulasnya sebagai berikut:

1. Pupuk PHONSKA Cair
 
Pupuk Ponska sangat baik diaplikasikan pada penanaman cabai di musim hujan.
Dengan menggunakan pupuk ini tanaman yang terserang hama dan penyakit bisa disembuhkan dan mencegah kebalinya i serangan hama penyakit pada tanaman kita.
Cara pemakaian:
Siramkan pupuk phonska cair pada tanaman cabai yang kerdil atau yang terserang penyakit .
Pemberian pupuk ini bisa dilakukan pada saat masa awal pertumbuhan saat dilakukan  pindah tanam dari tempat pembibitan ke lahan tanam.

2. Pupuk Kandang dan Kompos

Pupuk Kandang dan kompos memiliki kelebihan tersendiri dalam pertumbuhan tanaman cabai kita.  Karena kebanyakan unsur unsur hara  yang dibutuhkan oleh tanaman cabai seperti Phosfor, Nitrogen dan Magnesium semua terkandung didalam pupuk kandang dan kompos ini.
Karena tanaman cabai sangat membutuhkan kandungan hara seperti phosphor, kalium, kalsium guna pembentukan  hormon tanaman serta enzimatis,.
Enzimatis ini berfungsi untuk menjaga kekebalan tanaman dari berbagai serangan hama dan penyakit.  Terutama diaat musim penghujan karena serangan Hamadan penyakit akan jauh lebih besar jika dibandingkan saat musim kemarau.

3. Pupuk Nitrogen  NPK  Mutiara dan Pupuk Urea

Pupuk NPK mutiara yang  merupakan pupuk yang mengandung unsur penting yang dibutuhkan tanaman sangat baik digunakan pada masa awal perumbuhan dan pada masa pembuahan.
Begitu juga dengan pupuk urea sangat baik ketika di masa awal pertumbuhan tanaman cabai. 
Berkaitan dengan beberapa fungsi/manfaat yang diberikan oleh pupuk mutiara pada tanaman cabai, adalah dapat membantu tanaman untuk:

  • Mempercepat pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabai
  • Merangsang pertumbuhan pada  akar, batang, daun dan bunga agar cepat menghasilkan buah dalam jumlah yang banyak.
  • Membantu mencegah rontok bunga dan daun sehingga bisa meningkatkan hasil panen
  • Penggunaan pupuk harus digunakan sesuai rekomendasi. Jangan sampai kekurangan atau over dosis dalam pemberian pupuk, karena mereka akan mengakibatkan tidak baik pada pertumbuhan tanaman.


Demikianlah beberapa jenis pupuk yang dapat kita gunakan untukbudidaya tanaman cabai kita agar produktifitas tanaman cabai yang kita budidayakan bisa mendapatkan hasil panen yang memuaskan.

1 Response to "Jenis Jenis Pupuk Untuk Tanaman Cabai Yang Sering Di Gunakan Petani Cabai"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel