Macam-Macam Tanaman Hidroponik Bernilai Ekonomi Tinggi



Tanaman yang ditanam dengan metode hidroponik bukanlah sembarang tanaman. Hidroponik yang menggunakan air bernutrisi sebagai media tanam hanya cocok untuk tanaman dengan masa panen singkat. Sehingga tidak semua tanaman ideal untuk dijadikan sebagai tanaman hidroponik. Namun ternyata, ada sejumlah tanaman hidroponik bernilai ekonomi tinggi yang bisa dijadikan alternatif pilihan.

Jenis-Jenis Tanaman Hidroponik Bernilai Ekonomi Tinggi

Paprika
Paprika merupakan jenis sayuran hidroponik yang nilai ekonominya cukup tinggi. Mungkin kita sudah sering melihatnya di supermarket, harganya pun lumayan mahal dibandingkan dengan sayuran lainnya. Paprika termasuk jenis tanaman yang sulit dikembangkan pada media tanam konvensional, sehingga hidroponik menjadi alternatif terbaik untuk budidaya paprika.

Tomat
Untuk menanam tomat hidroponik, yang perlu Anda lakukan pertama-tama adalah pemilihan bibit tomat yang baik, pilihlah jenis bibit tomat unggul untuk hasil panen yang lebih optimal. Setelah melalui proses penyemaian, gunakan media tanam seperti sabut kelapa.

Timun Jepang
Timun Jepang atau yang sering disebut dengan zucchini atau kyuri nampak seperti perpaduan antara timun dan terong. Harganya cukup mahal dan sulit ditemui jika tidak di supermarket-supermarket besar, sehingga timun Jepang tergolong jenis tanaman hidroponik bernilai ekonomi tinggi.

Terong Jepang (Hitokuchi Nasubi)
Selain timun, tanaman asal Jepang yang cocok dibudidayakan sebagai tanaman hidroponik adalah terong Jepang. Ini juga termasuk jenis sayuran yang ekslusif karena tidak mudah dijumpai di pasar umum. Terong ini memiliki warna ungu tua yang agak kehitaman. Bentuknya bervariasi, ada yang pendek dan ada juga yang panjang. Sayuran ini biasa diolah menjadi tempura atau sebagai campuran salad.

Selada
Selada merupakan jenis sayuran daun yang kerap dimakan mentah seperti untuk lalapan maupun digunakan sebagai tambahan pada hamburger atau kebab. Selada juga bernilai ekonomi tinggi. Bahkan sudah tercatat, dari 300.000 hektar lahan tanam hidroponik, dapat menghasilkan panen per tahun hingga 3 juta ton.

Seledri
Sayuran daun ini memiliki aroma khas sehingga sering dijadikan sebagai penyedap masakan. Seledri juga sering dijadikan sebagai penghias makanan (garnish). Mengandung berbagai nutrisi dan vitamin, membuatnya menjadi salah satu jenis tanaman hidroponik bernilai ekonomi tinggi. Teknik hidroponik untuk menanam seledri salah satunya adalah dengan menggunakan metode wick (sumbu).

Melon
Bukan hanya tanaman jenis sayuran saja yang dapat dibudidayakan melalui sistem bercocok tanam hidroponik. Buah-buahan pun bisa. Salah satunya adalah melon. Melon tergolong buah dengan masa panen yang singkat (65-70 hari) sehingga ideal untuk dibudidayakan melalui hidroponik.

Semangka
Semangka adalah jenis buah lain yang juga cocok ditanam melalui sistem hidroponik. Dengan menggunakan varietas bibit unggul semangka serta perawatan yang optimal, semangka dapat dipanen 2-3 bulan setelah ditanam. Termasuk waktu yang cukup singkat untuk masa panen.

Anggur
Anggur dapat tumbuh di daerah pada ketinggian 1 hingga 800 mdpl. Perbedaan ketinggian ini berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan tanaman anggur serta hasil panennya. Fase panen anggur berkisar antara 90-100 hari setelah terjadinya pembungaan.

Bluberi dan stroberi
Dua jenis beri yang terkenal, bluberi yang berwarna biru keunguan dan stroberi yang berwarna merah menyala dengan bintik-bintik berwarna hijau termasuk ke dalam jenis tanaman hidroponik bernilai ekonomi tinggi, mengingat dua jenis beri ini hanya dapat tumbuh pada wilayah dataran tinggi yang cenderung memiliki suhu rendah. Banyak petani stroberi yang kemudian beralih menggunakan media hidroponik.

Itu dia tadi jenis-jenis tanaman hidroponik yang memiliki nilai ekonomi tinggi yang dapat Anda jadikan alternatif hobi yang menguntungkan.

4 Responses to "Macam-Macam Tanaman Hidroponik Bernilai Ekonomi Tinggi"

  1. Artikelnya menarik om.. Kebetulan saya juga lg belajar hidroponik jadi pas buat nambah pengetahuan. Semoga blognya jadi tambah bagus. Salam sukses selalu

    ReplyDelete
  2. wah ini nih yang aku cari,,
    #makasih artikelnya om,,

    ReplyDelete
  3. mantap mas bro, hidroponik sangat cocok untuk di budidayakan. tidak perlu lahan yang luas, tapi hasil bisa memuaskan.

    ReplyDelete
  4. kunjungi blog ternak :

    http://ternakkebumen.blogspot.com/

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel